Pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung

Annisak, Rizkia (2023) Pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung. Pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung.

[img] Text
SKRIPSI RIZKIA ANNISAK LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I -IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)

Abstract

Annisak, Rizkia, 2023. Pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PKK Bunga Tanjung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Kasmiati, M.Pd. (II) Asih Nur Ismiatun, M.Pd. Kata kunci: Teknik Scaffolding, kemandirian. Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di TK PKK Bunga Tanjung menunjukkan bahwa kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bunga Tanjung belum berkembang dengan baik. Terlihat pada saat menyiapkan perlatan makan dan minum, kegiatan makan dan minum, memakai dan melepas sepatu, mengerjakan tugas, serta saat ditinggal oleh orang tua disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh teknik scaffolding terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bunga Tanjung?”. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Teknik scaffolding terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bunga Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini berjumlah 92 anak, sampel penelitian ini berjumlah 20 anak, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling yaitu kelompok A dengan jumlah anak 40 anak dimana kelompok A1 berjumlah 20 anak menjadi kelas eksperimen dan A2 berjumlah 20 anak menjadi kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang telah sesuai dengan panduan observasi. Adapaun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A1 sebagai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 36,8, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 37,85. Setelah diberi perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen yaitu A1 memperoleh nilai rata- rata 77,8 yang artinya mengalami peningkatan, sedangkan pada kontrol memperoleh nilai rata-rata 66. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 38.525 dan untuk t tabel, yaitu 2.024 yang artinya t hitung lebih besar > dari t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, hasil dari nilai cohen’s 16,8 (Strong Effect). sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh teknik scaffolding terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bunga Tanjung.

Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Annisak
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:08
Last Modified: 20 Oct 2023 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56781

Actions (login required)

View Item View Item