Sistem Tanda dan Makna Simbolik sebagai Unsur Pembentuk Gaya Kepengarangan dalam Antologi Puisi Perjamuan Khong Guan Karya Joko Pinurbo

Nadeak, Jesika (2023) Sistem Tanda dan Makna Simbolik sebagai Unsur Pembentuk Gaya Kepengarangan dalam Antologi Puisi Perjamuan Khong Guan Karya Joko Pinurbo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
FINALISASI SKRIPSI JESIKA NADEAK.pdf

Download (997kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nadeak, Jesika. 2023. Sistem Tanda dan Makna Simbolik sebagai Unsur Gaya Kepengarangan dalam Antologi Puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Skripsi, Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Warni, M. Hum., (II) Sovia Wulandari, S.S., M.Pd. Kata kunci : sistem tanda, makna simbolik, gaya kepengarangan, antologi Perjamuan Khong Guan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem tanda dan makna simbolik sebagai unsur gaya kepengarangan dalam buku antologi puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Gaya kepengarangan yang dimaksud ialah bertumpu pada unsur puisi yang menjadi sistem tanda dan makna simbolik. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan data berupa kata, frasa, kalimat, maupun paragraf atau narasi yang mengandung sistem tanda dan makna simbolik. Sumber data dalam penelitian ini ialah antologi puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian yaitu didapatkan 30 puisi sebagai data, diantaranya ialah dua puisi yang maknanya bertumpu pada kata, dua puisi yang maknanya bertumpu pada tipografi, dan 26 puisi yang maknanya bertumpu pada kalimat. Ketiga unsur tersebut ialah unsur pembentuk puisi yang dijadikan sebagai tumpuan makna dalam puisi. Unsur pembentuk tersebut pulalah yang dilihat sebagai gaya kepengarangan Joko Pinurbo. Sistem tanda dan makna simbolik yang terdapat pada antologi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo dalam penellitian ini dijadikan sebagai acuan untuk mengungkapkan gaya kepengarangan Joko Pinurbo. Tanda-tanda yang dimaksud ialah bunyi, kata, kalimat, dan tipografi atau perwajahan. Namun dalam penelitian ini, tidak terdapat bunyi sebagai sistem tanda sehingga yang didapatkan hanyalah ketiga aspek seperti kata, kalimat, dan tipografi. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dilihat dari ketiga aspek pembentuk puisi yang dinyatakan sebagai tanda karena menjadi pusat makna dalam suatu puisi serta dapat memberikan nilai estetis dalam puisi sehingga dapat kita lihat bahwa gaya kepengarangan Joko Pinurbo yang ditinjau dari sitem tanda dan makna diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu: 1) gaya yang bertumpu pada kata, 2) gaya yang berttumpu pada kalimat, 3) gaya yang bertumpu pada tipografi atau perwajahan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem tanda, makna simbolik, gaya kepengarangan, antologi Perjamuan Khong Guan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia
Depositing User: Nadeak
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:27
Last Modified: 17 Oct 2023 04:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56831

Actions (login required)

View Item View Item