Zikri, Ar Rozi (2023) Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri di Kabupaten Batanghari. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Full Tesis Rozi.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Batanghari belum optimal. Sementara itu, kepala sekolah merupakan pemimpin yang memiliki wewenang dan tanggungjawab untuk melaksanakan kebijakan pemerintah dalam upaya melakukan pengelolaan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang lebih mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki oleh pihak sekolah termasuk otimalisasi pemanfaatan daya dukung lingkungan yang ada. Keberhasilan penerapan MBS sangat tergantung pada peran kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan peran kepala sekolah dalam penerapan MBS. Tujuan yang lain adalah untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dari implementasi MBS di SMA Negeri yang ada di Kabupaten Batanghari Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 5, SMAN 4, dan SMAN 7 yang ada di Kabupaten Batanghari. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, Wali Siswa, Guru, dan Siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah daftar wawancara. Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan model triangulasi bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBS di SMAN 5 adalah yang terbaik, sedangkan SMAN 4 berada dibawahnya dan SMAN 7 berada pada urutan terendah. Peran kepala sekolah SMAN 5 dalam penerapan MBS cukup optimal, sedangkan peran kepala sekolah SMAN 4, dan 7 masih banyak yang harus ditingkatkan. Faktor yang menghambat dalam penerapan MBS adalah peraturan yang terus berubah-ubah, kebijakan kurikulum yang terus berubah-ubah, pendanaan, dan partisipasi dan perhatian masyarakat yang masih rendah. Faktor yang mendukung penerapan MBS adalah disiplin dn motivasi semua komponen sekolah untuk memajukan pendidikan dan pengajaran di SMA Negeri yang ada di Kabupaten Batanghari Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam implementasi MBS kurang optimal dan masih perlu ditingkatkan
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ar - Rozi Zikri |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |