Napitu, Eni Setianingsi (2023) Pengembangan Alat Peraga Difraksi Cahaya Berbasis Arduino Uno Terintegrasi Aplikasi Tracker Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (144kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (679kB) |
|
Text
SKRIPSI ENI SETIANINGSI NAPITU A1C319027.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Napitu, Eni Setianingsi. 2023. Pengembangan Alat Peraga Difraksi Cahaya Berbasis Arduino Uno Terintegrasi Aplikasi Tracker Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga, Arduino Uno, Difraksi Cahaya, Tracker Seiring dengan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran, alat peraga saat ini telah berkembang pesat. Awalnya, alat peraga hanya mengandalkan instrumen dasar yang sudah tersedia, namun di era milenial saat ini tidak mungkin memisahkan bagian kehidupan manapun dari teknologi, termasuk pada aspek pendidikan. Ketersediaan alat peraga berbasis teknologi merupakan salah satu contoh nyata teknologi dalam pendidikan. Hal ini lah yang mendasari dilakukannya penelitian dan pengembangan alat peraga difraksi cahaya berbasis arduino uno. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa alat peraga yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 8 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon tenaga pendidik dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan pengisian angket . data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif yag dianalisis menggunakan statistik deskriptf dengan skala likert. Alat peraga yang dikembangkan di validasi oleh ahli media dan ahli materi yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga. Setelah dinyatakan valid, maka alat peraga akan di uji coba di sekolah untuk mengetahui nilai kepraktisan melalui respon tenaga pendidik dan respon peserta didik. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa alat peraga berbasis arduino terintegrasi aplikasi tracker. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai kelayakan sebesar 89,76% , sedangkan oleh ahli materi diperoleh ilai sebesar 90,7% dengan kategori kedua validasi adalah sangat layak. Hasil uji coba diperoleh nilai kepraktisan dari tenaga pendidik sebesar 85% dengan kategori sangat layak dan persentase respon peserta didik adalah sebesar 85,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pengembagan maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Difraksi Cahaya, Arduino Uno, Tracker, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Napitu |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56894 |
Actions (login required)
View Item |