Claudia Sitio, Ester (2023) PENGEMBANGAN SISTEM AUTOMATED ESSAY SCORING (AES) MENGGUNAKAN ALGORITMA K – NEAREST NEIGHBOR UNTUK MENILAI PEMAHAMAN KONSEP LISTRIK ARUS SEARAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Abstrak_Ester Claudia Sitio.pdf Download (45kB) |
|
Text
Skripsi_Ester Claudia Sitio.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
Halaman judul dan cover.pdf Download (94kB) |
|
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB I_Ester claudia sitio.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB V_Ester Claudia Sitio.pdf Download (47kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Ester Claudia Sitio.pdf Download (119kB) |
Abstract
Guru memerlukan waktu yang banyak untuk memeriksa jawaban essay, sesuai jumlah ujian dan jumlah siswa yang mengikuti ujian. Pengembangan Automated Essay Scoring dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan pembelajaran fisika disekolah, untuk membantu guru dalam menilai esai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sistem Automated Essay Scoring menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor untuk menilai pemahaman konsep siswa pada materi listrik arus searah. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni metode penelitian dan pengembangan (Research & Development), dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahapan pengembangan (development). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini siswa dan guru. Data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen ahli media, instrumen black-box testing, dan instrumen angket respon pengguna. Analisis data pada penelitian yaitu analisis data statistik deskriftif. Hasil dari penelitian ini didapatkan melalui validasi ahli media dan respon pengguna. Pada validasi ahli media I didapatkan nilai rata-rata dengan tiga kali validasi yaitu 4,87 (kategori sangat layak), sedangkan untuk ahli media II dengan dua kali validasi yaitu diperoleh nilai rata-rata 4,15 (kategori layak). Kemudian, dilakukan uji coba kelompok kecil untuk mengetahui respon guru terhadap pengembangan Sistem Automated Essay Scoring (AES) menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor untuk menilai pemahaman konsep siswa pada materi listrik arus searah. Pada uji kelompok kecil hasil respon sebanyak 10 guru dari SMAN 7 Kota Jambi, SMAN 10 Kota Jambi, SMAN 11 Kota Jambi, dan SMAN 11 Muaro Jambi dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut Automated Essay Scoring yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan membantu guru dalam menilai esai siswa. Kata Kunci: Automated Essay Scoring, Natural Languange Processing, Pemahaman Konsep, Arus Listrik Searah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Automated Essay Scoring, Natural Languange Processing, Pemahaman Konsep, Arus Listrik Searah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SITIO |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 04:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 04:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56909 |
Actions (login required)
View Item |