29, Niati (2023) Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
HALAMAN JUDUL PDF.pdf - Published Version Download (74kB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
BAB I.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
BAB V.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
Text (Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Media Kotak Ajaib Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (92kB) |
Abstract
Niati. 2023 Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis Media “Kotak Ajaib” Berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Helty, S.Pd., M.Pd., (II) Helmun Jamil S,S., M.A. Kata Kunci: Efektivitas, Keterampilan Menulis, Media Kotak Ajaib Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran keterampilan menulis dengan media kotak ajaib berbasis Edutainment di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi pada bulan Maret 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu true ekperimen one group pretest dan posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kotak ajaib berbasis Edutainment efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa karena setelah dilakukan uji hipotesis yang mana 2 tailed pada uji Independent sempel t-test mendapatkan nilai 0.000 < 0.05 selain itu siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam melakukan keterampilan menulis dengan media kotak Ajaib. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan kelas kontrol yang siswa nya cenderung kurang aktif karena guru mengajarkan dengan metode konvensional yaitu ceramah sehingga kurangnya media pembelajaran dan hanya terpaku terhadap penjelasan guru dan buku siswa sehingga kurangnya komunikasi oleh guru dengan siswa di kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mengupdate pengetahuan terutama dengan memasukkan media pembelajaran yang menunjang keaktifan siswa yang mana sesuai dengan era sociaty 4.0 teknologi maju yang mana nantinya akan memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, keterampilan Menulis, Media Kotak Ajaib |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NIATI |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 06:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56916 |
Actions (login required)
View Item |