PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMAN 3 KOTA JAMBI

Razak, Faradillah Maulina PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMAN 3 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMAN 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (33kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Ilmu pengetahuan yang mengalami perkembangan pesat ialah ilmu pengetahuan alam atau sains. Cabang sains yang terdiri dari fisika, biologi, dan kimia. Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Karakteristik ilmu kimia bersifat abstrak dan kompleks. Salah satu upaya agar konsep kimia yang bersifat abstrak dan kompleks mudah dipahami ialah dengan mengembangkan media pembelajaran dengan desain yang menarik yakni e-magazine (Electronic Magazine) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine pada materi laju reaksi di SMAN 3 Kota Jambi dan mengetahui respon siswa kelas XI terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni lima belas orang siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian e-magazine menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,53 (sangat baik); 4,73 (sangat baik); dan 4,67 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 96 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-Magazine ini layak digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: FARADILLAH MAULINA RAZAK
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:50
Last Modified: 05 Oct 2018 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5693

Actions (login required)

View Item View Item