Saputra, Dede Rian Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi diKelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi. Discovery Learning, Berpikir Kritis Siswa dan Laju Reaksi.
![]() |
Text
00. COVER.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
02. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING(1).pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB_I_1-6[1].pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB_V_70[1].pdf Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa memaksimal kan kemampuan berpikir kritis dikarenakan kurangnyaketerlibatanpesertadidikdalam proses pembelajaransehinggapesertadidiktidakterangsanguntukberpikir, bersikap, danberperilakukritis. Penerapan model pembelajaran yang tepatmerupakansalahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapatditerapkanadalah model pembelajarandiscovery learning. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisketerlaksanaanmodel pembelajarandiscovery learningsertapengaruhnyaterhadapberpikirkritispesertadidikpadamaterilajureaksidi kelas XI IPASMAN 8 Kota Jambi. Terdapatsatukelas yang digunakansebagaisampelyaitukelas XI IPA 1.Jenispenelitian yang dilakukanadalahQuasi-EksperimendengandesainTime Series Design. Teknikpengambilansampeldilakukandenganpurposive sampling. Instrumenyang digunakanyaitu lembarobservasiketerlaksanaan modeloleh guru dansiswa serta berpikirkritissiswa. Pengujianhipotesis yang digunakanyaituujikorelasiproduct moment,yang selanjutnyadilihatsignifikasipengaruhnyadengananalisiskoefisiendeterminasi. Berdasarkanhasilpengolahan data diperolehpersentase keterlakasanaanmodel discovery learningoleh guru sebesar 65,08% (cukup)dan siswa sebesar 71,09% (baik)danpersentaseberfikirkritissiswasebesar66,81% (cukup). Adapunhasilkorelasi yang diperolehadalah 0,7559. Hubunganketerlaksanaanmodel discovery learningdanberpikirkritissiswadiperolehrxy= 0,7559dengantingkat hubunganpada kategori kuat.Nilaikoefisiendeterminasidiiperolehsebesar 60, 20 % (kuat). Berdasarkanhasilpenelitian, disimpulkanbahwamodeldiscovery learning dalampembelajaranlajureaksitelahterlaksanadengancukupbaikdanterdapatpengaruhketerlaksanaanmodel discovery learningterhadapberpikirirkritissiswapadamaterilaju reaksikelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | DEDE RIAN SAPUTRA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 03:12 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |