Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi diKelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi

Saputra, Dede Rian Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi diKelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi. Discovery Learning, Berpikir Kritis Siswa dan Laju Reaksi.

[img] Text
00. COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
02. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING(1).pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB_I_1-6[1].pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB_V_70[1].pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa memaksimal kan kemampuan berpikir kritis dikarenakan kurangnyaketerlibatanpesertadidikdalam proses pembelajaransehinggapesertadidiktidakterangsanguntukberpikir, bersikap, danberperilakukritis. Penerapan model pembelajaran yang tepatmerupakansalahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapatditerapkanadalah model pembelajarandiscovery learning. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisketerlaksanaanmodel pembelajarandiscovery learningsertapengaruhnyaterhadapberpikirkritispesertadidikpadamaterilajureaksidi kelas XI IPASMAN 8 Kota Jambi. Terdapatsatukelas yang digunakansebagaisampelyaitukelas XI IPA 1.Jenispenelitian yang dilakukanadalahQuasi-EksperimendengandesainTime Series Design. Teknikpengambilansampeldilakukandenganpurposive sampling. Instrumenyang digunakanyaitu lembarobservasiketerlaksanaan modeloleh guru dansiswa serta berpikirkritissiswa. Pengujianhipotesis yang digunakanyaituujikorelasiproduct moment,yang selanjutnyadilihatsignifikasipengaruhnyadengananalisiskoefisiendeterminasi. Berdasarkanhasilpengolahan data diperolehpersentase keterlakasanaanmodel discovery learningoleh guru sebesar 65,08% (cukup)dan siswa sebesar 71,09% (baik)danpersentaseberfikirkritissiswasebesar66,81% (cukup). Adapunhasilkorelasi yang diperolehadalah 0,7559. Hubunganketerlaksanaanmodel discovery learningdanberpikirkritissiswadiperolehrxy= 0,7559dengantingkat hubunganpada kategori kuat.Nilaikoefisiendeterminasidiiperolehsebesar 60, 20 % (kuat). Berdasarkanhasilpenelitian, disimpulkanbahwamodeldiscovery learning dalampembelajaranlajureaksitelahterlaksanadengancukupbaikdanterdapatpengaruhketerlaksanaanmodel discovery learningterhadapberpikirirkritissiswapadamaterilaju reaksikelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: DEDE RIAN SAPUTRA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:12
Last Modified: 05 Oct 2018 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item