Hermana, Andri Pengembangan E-Magazine Of Cemistry (E-Magtry) Menggunakan 3DPageflip Professional Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas XI SMAN Titian Teras Jambi. Media Pembelajaran, E-MAGTRY, 3D Pageflip Professional, Senyawa Hidrokarbon..
Text
00. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (176kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
Abstract
Pengembangan multimedia ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa kelas XI di SMAN Titian Teras Jambi dalam memahami materi hidrokarbon. Sementara itu guru juga berpendapat melalui wawancara bahwa siswa masih kurang aktif dan kurang tertarik dalam pembelajaran, sehingganya siswa masih kurang mampu memahami materi dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan dapat menjadi sumber informasi belajar tambahan guna membantu siswa agar dapat lebih memahami konsep materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia dengan 3DPageflip Professional pada materi hidrokarbon kelas XI SMAN Titian Teras Jambi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa serta untuk mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Produk Hasil Pengembangan divalidasi oleh ahli media dan diimplementasikan pada uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskripstif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia menurut ahli media layak untuk diuji cobakan pada kelompok kecil. Penilaian guru diperoleh rerata skor sebesar 4,1 (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil didapat persentase respon siswa sebesar 83,2% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia dengan 3D Pageflip Professional Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI SMAN Titian Teras Jambi ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi, sedangkan penilaian guru terhadap media yang dikembangkan dinyatakan sudah sangat baik serta berdasarkan respon siswa, media ini sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | ANDRI HERMANA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 03:14 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
View Item |