Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Laboratorium untuk Guru-Guru di MAN 3 Kabupaten M. Jambi

Hamidah, Afreni and Murni, Pinta and Hariyadi, Bambang (2023) Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Laboratorium untuk Guru-Guru di MAN 3 Kabupaten M. Jambi. In: USIC 2 UNIVERSITAS JAMBI, 25-26 OKTOBER 2023, JAMBI. (In Press)

[img] Text
REPOSITORY ABSTRAK ARTIKEL PPM 2023 UTK USIC 2.pdf

Download (15kB)

Abstract

Pengelolaan laboratorium tidak dapat dipisahkan dari kegiatan laboratorium sehari-hari. Aspek pengelolaan laboratorium merupakan satu kesatuan yang utuh antara sumber daya manusia, bahan dan peralatan laboratorium, dan staf profesional yang terampil. Suatu peralatan yang canggih dan staf yang profesional belum tentu dapat berfungsi dengan baik apabila tidak didukung dengan adanya pengelolaan laboratorium yang baik pula. Pada dasarnya pengelolaan laboratorium adalah tanggung jawab bersama baik pengelola maupun pengguna. Para pengelola laboratorium hendaknya memiliki pemahaman dan keterampilan kerja di laboratorium, bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya, dan mengikuti peraturan. Permasalahan yang ditemukan di sekolah mitra antara lain: 1) Pengelolaan laboratorium belum terlaksana dengan baik, 2) Laboratorium tidak dimanfaatkan sama sekali untuk praktikum dalam 3 tahun terakhir, 3) pembelajaran berbasis praktikum di laboratorium tidak terlaksana karena peralatan, bahan, sarana/prasarana laboratorium kurang memadai 4) Kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam mengelola laboratorium, 5) kurang terampilnya guru-guru dalam menyajikan pembelajaran berbasis praktikum, 6) Minimnya pelatihan pengelolaan laboratorium bagi guru di sekolah mitra. Solusi yang ditawarkan adalah melalui: 1) pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan laboratorium baik bagi guru maupun kepala laboratorium, 2) menggalakkan kembali pemanfaatan laboratorium melalui praktikum dan pembenahan sarana prasarana di laboratorium, 3)Pemberian bantuan alat dan bahan serta pendampingan pelaksanaan beberapa materi praktikum bagi guru, 4) pelatihan dan pendampingan peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi guru dalam mengelola laboratorium, 5) Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan praktikum melalui demonstrasi dan pendampingan manajemen pelaksanaan praktikum, penggunaan alat dan bahan yang diperlukan, 6) Menawarkan pelatihan yang berkelanjutan dan mengevaluasi pelatihan yang sudah dilaksanakan sehingga diketahui kekurangan serta kendala yang harus diatasi untuk segera dicari pemecahannya.Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dimulai dari survei lokasi, diskusi dengan Kepala MAN 3 M. Jambi dan guru untuk menemukan masalah dan mencari solusi dalam pemecahan masalah, melakukan sosialisasi, ceramah/penyuluhan, pendampingan dan pelatihan keterampilan terkait pengelolaan laboratorium, demontrasi praktikum kepada guru-guru yang secara kooperatif berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Guru-guru peserta pelatihan aktif berdiskusi dan sangat antusias mengikuti pelatihan ini dikarenakan akan digunakan untuk mengelola laboratorium di masa mendatang, sudah menyiapakn ruangan tersendiri dan tidak lagi menyatu dengan laboratorium computer. Peserta juga menanyakan alat dan bahan sesuai standar yang harus disediakan di dalam laboratorium IPA, menanyakan cara penanganan bahan kimia yang sudah kadaluarsa dan alat laboratorium yang rusak. Selain diskusi yang aktif, hasil angket google form mengindikasikan bahwa pelatihan sejenis belum pernah diikuti peserta, praktikum sangat jarang dilakukan, mayoritas menjawab hanya 1-2 kali dalam setahun mengingat alat dan bahan yang terbatas serta ruangan laboratorium yang belum tersedia dan sesuai standar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan sekolah mitra, dan dapat didesiminasikan pada guru-guru di sekolah lainnya serta terjalin Kerjasama untuk kegiatan lanjutan di masa yanga akan datang. Kata Kunci: Pengelolaan, Laboratorium, Praktikum,

Type: Conference (Speech)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Hamidah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:02
Last Modified: 10 Jul 2024 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57099

Actions (login required)

View Item View Item