Mulkia, Besse (2023) Pengaruh Podcast Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Audio Tehadap Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Raudhatul Muhajirin Kab Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BesseMulkia A1A318030 fkip ppkn skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mulkia,Besse: 2023. “Pengaruh podcast sebagai media pembelajaran berbasis audio terdahap pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) pada mata pelajaran PPkn siswa kelas XII MA Raudhatul Muhajirin Tangkit Baru” Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irwan,M.Pd, Pembimbing (II) Dona Sariani,M.Pd Kata kunci : Podcast, Civic Knowledge Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) siswa pada mata pelajaran PPKn yang hanya mencapai persentase 44% “kurang baik”. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model ceramah dan media buku saja. Sehingga menyebabkan banyak siswa yang kesulitan untuk memahami pelajaran karena merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran podcast terhadap pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) pada mata pelajaran PPKn siswa kelas XII MA Raudhatul Muhajirin Tangkit Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment design. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di XII MA Raudhatul Muhajirin Tangkit Baru.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII yang terdiri dari 2 (dua) kelas dengan jumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Total, yang mana semua populasi dijadikan sampel,yaitu kelas XIIA sebagai kelas eks perimen dan kelas XIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 61,10 dengan kategori “baik” sebesar 61,10% dan rata-rata kelas kontrol adalah 45,10 dengan kategori “cukup baik” 45,10%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (7.198 > 1671) dengan taraf 5% yang artinya media podcast memiliki pengaruh terhadap pengetahuan kewarganegaraan siswa dan diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan media pemelajaran podcast terhadap pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge). Dari hasil penelitian ini diharapkan guru sebaiknya dalam proses belajar mengajar selalu menggunakan media pembelajaran yang innovative untuk membarengi kemajuan teknologi yang semakin pesat demi kemajuan kegiatan belajar dan mengajar. khususnya dalam mata pelajaran PPKn.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Podcast, Civic Knowledge |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Mulkia |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |