efendi, dewi (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (871kB) |
|
Text
DEWI ANITA H1A119041 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
INTISARI Berdasarkan penjelasan visi dari Kota Jambi yang ingin menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa, sehingga dibutuhkan bentuk pelayanan perizinin yang ideal, hal inilah yang kemudian dilaksanakan melalui kebijakan e-government, ditujukan untuk meningkatkan efesiensi, efektivitas, tranparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, yang kemudian diturunkan pelaksanaannya melalui Online Single Submission Risk Based Approach yang merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu proses pengajuan perizinan untuk selanjutnya dilakukan proses penindakan oleh peran pengambil keputusan, yang mana kemudian Kota Jambi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mendukung kebijakan E-Government ini melalui Aplikasi Silancar. Untuk metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, pada teknik wawancara dilakukan secara langsung kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jambi, Ombudsman Provinsi Jambi, Pelaku Usaha yang menggunakan Online Single Submission Risk Based Approach dan pelaku usaha yang menggunakan aplikasi Silancar. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman mengemukakan bahwa bentuk dari analisis data melalui 3 alur bersama-sama yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil penelitian penulis melihat penerapan e-government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jambi masih belum berjalan dengan optimal di karenakan proses pelayanan perizinan online ini yang dilakukan melalui aplikasi Silancar masih memiliki kekurangan hal ini tentu saja perlu untuk segera di perbaiki agar menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif dalam mempercepat pelayanan perizinan. Kata Kunci: E-Government, Perizinan, Pelayanan Publik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Government, Perizinan, Pelayanan Publik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | efendi |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57175 |
Actions (login required)
View Item |