PUTRI, ARINDA JAYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FASE- E PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA SEKOLAH PENGGERAK. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.
![]() |
Text
TESIS ARINDA JAYANTI PUTRI P2A521018 YUDISIUM 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER TESIS.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan Pengesahan Tesis.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
0. ABSTRAK INDO-ING.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
0. BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
0. BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (91kB) |
Abstract
Putri, A, J.2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fase- E Pada Pembelajaran Biologi SMA Sekolah Penggerak. Tesis Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si, Pembimbing II Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., CIT Kerangka pendidikan di abad 21 mengharapkan peserta didik memiliki keterampilan critical thinking, collaboration, creativity, communication, Citizenship, Character untuk mengimplementasikan pengetahuan. Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu memenuhi kegiatan belajar dengan berbasis masalah dan memenuhi tujuan pendidikan. Model disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang mampu memunculkan keterampilan dalam diri salah satunya adalah pendekatan STEM. Pendekatan STEM juga dapat berupaya memunculkan keterampilan dalam diri peserta didik berpikir kritis dengan pemecahan masalah yang ada dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fase- E Pada Pembelajaran Biologi SMA Sekolah Penggerak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh Fase E SMAN 4 Kota Jambi yang berjumlah dua belas kelas. Sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih fase E-5 kelas eksperimen dan fase E-7 kelas kontrol dengan 72 orang peserta didik. Instrumen penelitian yag digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis, angket respon, observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000<0,005 maka H0 ditolak artinya ada pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), STEM (Science, technology, engineering, and mathematics) Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | ARINDA JAYANTI PUTRI |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 06:38 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 14:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |