PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FASE- E PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA SEKOLAH PENGGERAK

PUTRI, ARINDA JAYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FASE- E PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA SEKOLAH PENGGERAK. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
TESIS ARINDA JAYANTI PUTRI P2A521018 YUDISIUM 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pengesahan Tesis.pdf

Download (3MB)
[img] Text
0. ABSTRAK INDO-ING.pdf

Download (46kB)
[img] Text
0. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
0. BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

Putri, A, J.2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fase- E Pada Pembelajaran Biologi SMA Sekolah Penggerak. Tesis Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si, Pembimbing II Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., CIT Kerangka pendidikan di abad 21 mengharapkan peserta didik memiliki keterampilan critical thinking, collaboration, creativity, communication, Citizenship, Character untuk mengimplementasikan pengetahuan. Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu memenuhi kegiatan belajar dengan berbasis masalah dan memenuhi tujuan pendidikan. Model disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang mampu memunculkan keterampilan dalam diri salah satunya adalah pendekatan STEM. Pendekatan STEM juga dapat berupaya memunculkan keterampilan dalam diri peserta didik berpikir kritis dengan pemecahan masalah yang ada dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fase- E Pada Pembelajaran Biologi SMA Sekolah Penggerak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh Fase E SMAN 4 Kota Jambi yang berjumlah dua belas kelas. Sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih fase E-5 kelas eksperimen dan fase E-7 kelas kontrol dengan 72 orang peserta didik. Instrumen penelitian yag digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis, angket respon, observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000<0,005 maka H0 ditolak artinya ada pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), STEM (Science, technology, engineering, and mathematics) Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ARINDA JAYANTI PUTRI
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:38
Last Modified: 13 Jun 2024 14:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57203

Actions (login required)

View Item View Item