HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI

Daulay, Meilan Putri Rahayu and Gutji, Nelyahardi and Sarman, Freddi (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI MEILAN PUTRI RAHAYU.pdf

Download (4MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (540kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Daulay, Meilan Putri Rahayu. 2023. Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru BK dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individual Di SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Nelyahardi, M.Pd., (II) Freddi Sarman, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Minat, Layanan Konseling Individual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa mengikuti layanan konseling individual. Layanan konseling individual merupakan layanan inti dalam bimbingan dan konseling ,maka dari itu pentingnya siswa untuk mengikuti layanan konseling individu agar dapat memenuhi tugas perkembangan pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan komunikasi interpersonal guru BK dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individual di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendakatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 78 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner). Data dianalisis dengan menggunakan Uji persentase dengan formula C, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) komunikasi interpersonal guru BK berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 69%, 2) minat siswa mengikuti layanan konseling individual berada pada kategori tinggi dengan persentase 64,93%. Hasil penelitian juga menunjukan hasil korelasi diketahui positif sebesar 0,510. Nilai pearson correlation yang diperoleh ditafsirkan menggunakan pedoman korelasi, di mana pada nilai r hitung (0,510) berada pada rentang (0,41- 0,70) yang ditafsirkan termasuk dalam kategori memiliki hubungan sedang (hubungan memadai). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan ke arah positif antara komunikasi interpersonal guru BK dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individual. Dari hasil penelitian ini disarakan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain mengenai komunikasi interpersonal guru BK dan minat siswa mengikuti layanan konseling individual yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interpersonal communication, interest, individual counseling services
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Daulay
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:39
Last Modified: 06 Nov 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57245

Actions (login required)

View Item View Item