Latiffah, Nisa'urifka (2023) Desain e-LKM Berbasis Case Study untuk Pembelajaran Problema Pendidikan Multikultural di Indonesia. S1 thesis, UNVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan_Pengesahan_Pernyataan_Abstrak_Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah kurangnya bahan ajar dengan mengembangkan bahan ajar yang telah ada, mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, mengetahui penilaian dosen pengampu mata kuliah, dan respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Pembelajaran di kelas membutuhkan metode pembelajaran yang didukung dengan bahan ajar tepat. Hal ini dapat memudahkan dan membantu mahasiswa untuk memahami materi. Oleh karena itu perlu diterapkannya metode pembelajaran yang didukung dengan bahan ajar yang tepat. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengengembangan 4D yaitu (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas kelompok kecil yang melibatkan 6 orang mahasiswa dan kelompok besar yang melibatkan 15 orang mahasiswa yang dipilih berdasarkan 3 kategori tingkatan hasil belajar (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara, angket validasi ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan produk, angket penilaian dosen pengampu mata kuliah dan angket respon mahasiswa kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi materi mendapatkan persentase 93,8% kategori “Sangat Layak/Sangat Baik” dan hasil validasi media sebesar 93,7% kategori “Sangat Layak/Sangat Baik”. Hasil penilaian dosen pengampu mata kuliah diperoleh persentase penilaian sebesar 85,9% kategori “Sangat Layak/Sangat Baik”. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase penilaian sebesar 79,68% kategori “Layak/Baik” dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase penilaian sebesar 83,75% kategori “Sangat Layak/Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media e-LKM berbasis case study untuk pembelajaran problema pendidikan multikultural di Indonesia layak untuk digunakan sebagai referensi bahan ajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKM; Case Study; Problema Pendidikan Multikultural di Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Latiffah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:15 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |