Pengembangan E-Comic Biocom (Biology Comic) Berbasis Mobile Learning Pada Materi Bioteknologi Kelas X SMA

Sari, Fitri Amalia (2023) Pengembangan E-Comic Biocom (Biology Comic) Berbasis Mobile Learning Pada Materi Bioteknologi Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Bioteknologi merupakan sub materi pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, diperoleh data bahwa 87,5% siswa sering merasa bosan dan tidak fokus saat mengikuti pelajaran biologi di kelas. Sebanyak 78,1% siswa juga menyatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dibutuhkan alternatif media pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak mudah bosan saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada materi Bioteknologi. Sehingga dilakukan pengembangan E-Comic Biocom (Biology Comic) berbasis Mobile Learning pada materi Bioteknologi kelas X SMA. Tujuan dari pengembangan E-Comic Biocom (Biology Comic) berbasis Mobile Learning pada materi Bioteknologi kelas X SMA ini yaitu untuk mengetahui hasil pengembangan produk, kelayakan produk, dan respons guru serta siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and, Evaluation) dengan data kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini memperoleh persentase akhir validasi dari ahli materi sebesar 85,93% dengan kategori “Sangat Layak”, serta persentase akhir validasi oleh ahli media sebesar 82,81% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya, produk diujicobakan pada siswa yang terdiri dari uji kelompok kecil sebanyak 6 orang dan uji kelompok besar sebanyak 26 orang. Pada hasil respons penilaian guru bidang studi biologi diperoleh persentase sebesar 92,20% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 89,44% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan pada hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90,9% dalam kategori “Sangat Layak”. Guru dan siswa menilai bahwa E-Comic menarik dan sangat baik dari segi tampilan, penyajian, kebahasaan, kelayakan dan penggunaan E-Comic yang telah dikembangkan. Selanjutnya, diharapkan pada penelitian berikutnya peneliti dapat mengembangkan media ini dengan cakupan materi yang lebih luas

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Comic, Mobile Learning, Bioteknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sari
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:15
Last Modified: 08 Nov 2023 07:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57376

Actions (login required)

View Item View Item