Kurniati, Adila (2023) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) Pada Materi Virus Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
Abstract
Keterbatasan media pendukung dalam pembelajaran akan berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami materi virus yang bersifat abstrak dan tidak dapat terlihat secara kasat mata. Hal tersebut dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap video animasi pembelajaran berbasis Powtoon dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) pada materi Virus. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan mengacu pada model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket dan lembar wawancara. Subjek Penelitian siswa kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi. Validasi ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 87,5% dengan kategori “sangat baik” dan validasi ahli media mendapatkan persentase akhir sebesar 83,33% dengan kategori “sangat baik”. Uji coba dilakukan kepada 6 orang peserta didik (kelompok kecil) dan 30 orang siswa (kelompok besar). Hasil uji coba pada kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 94,44% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba pada kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 87,83% dengan kategori “sangat baik”, serta hasil persepsi guru mendapatkan persentase sebesar 87,5% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Limited supporting media in learning will have an impact on students' difficulties in understanding virus material which is abstract and cannot be seen with the naked eye. This can result in learning objectives not being achieved. This research aims to develop, determine the feasibility, and determine the response of teachers and students to Powtoon-based learning animation videos with the Predict, Observe, and Explain (POE) learning model on Virus material. The type of research used is R&D with reference to the 4D model which consists of 4 stages, namely definition, design, development and dissemination. The data collection instruments used in this development research were questionnaires and interview sheets. Research Subjects: Class X students of SMAN 2 Jambi City. The development results show that the product was declared feasible by media experts and material experts. Material expert validation obtained a final percentage of 87.5% in the "very good" category and media expert validation obtained a final percentage of 83.33% in the "very good" category. The trial was carried out on 6 students (small group) and 30 students (large group). The test results in the small group got a percentage of 94.44% in the "very good" category and the test results in the large group got a percentage of 87.83% in the "very good" category, and the teacher perception results got a percentage of 87.83% in the "very" category. Good". a percentage of 87.5% is in the "very good" category. Based on the research results, it can be concluded that the product developed is feasible and can be used in the learning process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Powtoon, POE, Virus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Kurniati |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:15 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57392 |
Actions (login required)
View Item |