PENGGUNAAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA KELOMPOK MATA KULIAH KIMIA FISIK

Syahri, Wilda (2023) PENGGUNAAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA KELOMPOK MATA KULIAH KIMIA FISIK. In: PENGGUNAAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA KELOMPOK MATA KULIAH KIMIA FISIK.

[img] Text
Pidato Orasi Ilmiah_Prof. Wilda Syahri_Update sesuai Template.pdf

Download (502kB)

Abstract

Kimia Fisik merupakan salah satu ilmu yang memunculkan fenomena yang abstrak. Banyak materi dalam pembelajaran kimia yang sulit untuk diilustrasikan dalam bentuk nyata dan gambar dua dimensi. Pembelajaran kimia yang berlangsung selama ini ternyata lebih banyak merepresentasikan dua fenomena, yaitu makroskopis dan simbolis atau matematis, level submikroskopis tidak disentuh sama sekali. Peran ketiga level fenomena kimia dalam pembelajaran kurang mendapat perhatian, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam mentransfer pengetahuan melalui interkoneksi antara satu level ke level yang lain. Akibatnya mahasiswa tidak mudah dalam memperoleh pengetahuan konseptual yang diperlukan dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, dikembangkanlah suatu model desain instruksional dan media pembelajaran kelompok mata kuliah kimia fisik berbasis multipel representasi yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Kimia Fisik, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Pengembangan model desain instruksional untuk mata kuliah Kimia Fisik berbasis multipel representasi mengadopsi pada model-model ADDIE, ASSURE, ARCS, J.E Kemp, Gerlach & Ely, Dick & Carey, Smith & Ragan, dan Banathy berdasarkan lima langkah umum desain pembelajaran yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dihasilkan Model Desain Pembelajaran Kelompok Mata Kuliah Kimia Fisik Berbasis Multipel Representasi. Selanjutnya untuk media pembelajaran materi-materi Kimia Fisik dikembangkan menggunakan model ADDIE. Model desain instruksional untuk kelompok mata kuliah kimia fisik berbasis multipel representasi dapat digunakan untuk pengembangan model desain pembelajaran mata kuliah Kimia Fisik I dan II, Polimer dan mata kuliah lainnya. Sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Penggunaan komputer dan sejenisnya sebagai media memungkinkan terjadinya display simultan representasi molekular yang sesuai dengan observasi pada level submikroskopik. Visualisasi berbasis komputer dan animasi tiga dimensi merupakan alat pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan spasial. Demikian pula model molekular virtual menggunakan komputer (Computerized Molecular Modeling) yang diintegrasikan dalam pembelajaran dapat digunakan untuk membangun konsep, memvisualisasikan, dan mensimulasikan sistem dan proses pada level molekular. Oleh karena itu, pengembangan desain pembelajaran yang dilandasi model sistem pemrosesan informasi multimedia yang merupakan pengembangan dari teori kognitif Mayer dan teori situatif. Teori kognitif berkaitan dengan transformasi eksternal simbolik representasi ke dalam mental representasi (model mental). Teori situatif berfokus pada pembelajaran sains sebagai suatu proses penyelidikan (inkuiri) dengan menggunakan wacana sosial dan representasi untuk mendukung proses tersebut. Kedua teori tersebut juga berimplikasi terhadap bagaimana menyusun desain pembelajaran yang dapat mendukung perolehan konsep dan prosedur pemecahan masalah yang dapat disajikan juga dalam bentuk media pembelajaran. Dengan cara ini diharapkan tingkat penguasaan konsep secara makroskopis dan mikroskopis serta keterampilan proses sains mahasiswa sebagai calon guru kimia terhadap mata kuliah Kimia Fisik akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru kimia. Model desain instruksional dan media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi computer assisted learning tentang mata kuliah Kimia Fisik mesti sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan serta mengandung unsur edukasi.

Type: Conference (Speech)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:26
Last Modified: 09 Nov 2023 08:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57439

Actions (login required)

View Item View Item