Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Usaha dan Energi Untuk SMA Kelas X

Darwita, Hendriyani (2018) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Usaha dan Energi Untuk SMA Kelas X. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
darwita repo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Fisika berbasis Guided Inquiry pada materi usaha dan energi untuk SMA kelas X serta mengetahui persepsi peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Development-Dissemination). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket kebutuhan peserta didik. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 tahun 2018. Media yang dihasilkan memiliki spesifikasi format.exe yang dapat dioperasikan pada komputer/laptop tanpa menginstal software 3D PageFlip Profesional. Hasil ujicoba pengembangan menunjukkan bahwa modul elektronik Fisika dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik terhadap proses pembelajaran Fisika materi usaha dan energi. Skor persepsi peserta didik ujicoba pengembangan adalah 53,7 yang kategorikan sangat baik. Untuk skor validasi ahli materi dan ahli media terhadap modul elektronik masing-masing adalah 61 dan 67 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik Fisika berbasis Guided Inquiry pada materi usaha dan energi untuk SMA kelas X yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri atau tambahan dalam proses pembelajaran peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Guided Inquiry.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: DARWITA HENDRIYANI
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:36
Last Modified: 08 Oct 2018 08:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item