PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH MATERI MASA KEHIDUPAN PRA-AKSARA SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SAROLANGUN

KHAIRAH, RIFDATUL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH MATERI MASA KEHIDUPAN PRA-AKSARA SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SAROLANGUN. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH MATERI MASA KEHIDUPAN PRA-AKSARA SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SAROLANGUN.

[img] Text
COVER.docx

Download (138kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab I Rif.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V Rif.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Khairah, Rifdatul. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Maket Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Materi Masa Kehidupan Pra-Aksara Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Sarolangun. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Sejarah, Pembimbing I Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd dan Pembimbing II Reka Seprina S. Pd, M. Pd Kata Kunci: Media Maket, Keaktifan BelajarSejarah Media pembelajaran pada dasarnya merupakan alat pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Berdasarkan pengamatan peneliti di MA Negeri 1 Sarolangun kelas X IPS 2 ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa masih dibilang rendah.Banyak siswa yang kurang aktif ketika guru menyampaikan materi. Sikap kurang aktif ini ditunjukkan dengan sedikitnya siswa yang bertanya, berpendapat, maupun mencatat point- point yang disampaikan guru. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media maket dalam pembelajaran. Media maket adalah bentuk tiruan tentang sesuatu dalam ukuran kecil. Media maket diduga akan menarik perhatian siswa, karena meletakkan dasar-dasar yang konkrit, selain itu maket juga dapat menumbuhkan keaktifan belajar siiswa karena melalui media maket siswa dapat menemukan jawaban dari suatu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Maket Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Materi Masa Kehidupan Pra-Aksara Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Sarolangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental (eksperimen semu).Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2sebagai kelas kontrol dimana masing- masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Teknik analisis data adalah dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas setelah itu baru di uji hipotesis. Hasil penelitian ini dimana nilai t hitung sebesar 2,549 sedangkan t tabel sebesar 2,045. Dengan demikian, berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan yaitu membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, apabila t hitung > t tabel maka angka tersebut memiliki makna bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh signifikan (berarti/nyata) penggunaan media maket terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di MA 1 Sarolangun. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Maket Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Materi Masa Kehidupan Pra-Aksara Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Sarolangun.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIFDATUL KHAIRAH
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:59
Last Modified: 09 Oct 2018 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item View Item