PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Nurlaili, Desi Wahyuni (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
TESIS FULL SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi barisan dan deret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi sebanyak 136 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas dan sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas eksperimen I (32 peserta didik), kelas eksperimen II (30 peserta didik), dan kelas kontrol (34 peserta didik). Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lembar observasi, angket motivasi belajar, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry dan PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, 2) terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran, dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry dan PBL terhadap motivasi belajar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMA.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: NURLAILI
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:42
Last Modified: 13 Nov 2023 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57519

Actions (login required)

View Item View Item