Fadila, Ayumi Novianti (2023) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak Dengan Permainan Tradisional Congklak Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Skripsi ayumi novianti fadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fadila, Ayumi Novianti. 2023. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Permainan Tradisional Congklak Di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs.Arsil, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Kreativitas Anak, Permainan Tradisional Congklak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripkan Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Permainan Tradisional Congklak Di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 198/Pasar Baru.Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan pada penelitian ini Guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi guru dalam menumbuhkan permainan tradisional untuk menumbuhkan kreativitas anak di sekolah dasar.permainan congklak dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kreativitas anak.selanjutnya guru juga dapat memintak anak untuk menciptakan aturan permainan baru atau mencari strategi baru untuk mencapai kemenangan. Kesimpulan dari penelitian ini di harapkan guru dapat memberikan manfaat yang lebih efektif dalam menumbuhkan kreativitas pada anak. melalui strategi yang lebih tepat dan dapat mengmbangkan kerjasama tim membangun pemecahan masalah dan memperluas imajinasi. Fadila, Ayumi Novianti. 2023. Teacher Strategy in Fostering Children's Creativity with the Traditional Congklak Game in Elementary Schools. Thesis, Department of Early and Basic Education, FKIP, Jambi University. Supervisors: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Keywords: Teacher Strategy, Children's Creativity, Traditional Congklak Game This research aims to describe teachers' strategies for fostering children's creativity with the traditional game Congklak in elementary schools. This research was conducted in class IV at SDN 198/Pasar Baru. This research used a qualitative approach with a phenomenological type of research. The informant in this research was a fourth grade teacher. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. Data analysis, data presentation, and conclusion drawing. The research results show the teacher's strategy in developing traditional games to foster children's creativity in elementary schools. Congklak games can be an effective learning tool in developing children's creativity. Furthermore, teachers can also ask children to create new game rules or look for new strategies to achieve victory. The conclusion of this research is that it is hoped that teachers can provide more effective benefits in fostering creativity in children. through more appropriate strategies and can develop teamwork, build problem solving and expand imagination.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Kreativitas Anak, Permainan Tradisional Congklak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FADILA |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 02:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |