ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Indahsari, Alma Nurlaila (2023) ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Daftar Rujukan..pdf

Download (541kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pemecahan masalah dianggap sebagai aspek pendidikan yang penting karena dapat melatih berpikir siswa. Faktanya di sekolah jenjang menengah ditemukan bahwa masih sering siswa melakukan kesalahan dalam pemecahan masalah matematika. Teori kesalahan Newman dapat digunakan sebagai pendukung agar kesalahan memecahkan masalah matematis lebih mudah untuk diidentifikasi, serta metode pemecahan masalah yang dapat digunakan yaitu Polya. Ketika menyelesaikan soal matematika dibutuhkan usaha dalam mengatasi kesulitan yang ada, hal tersebut dikenal dengan Adversity Quotient (AQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari AQ. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 siswa quitter, 1 siswa camper, dan 1 siswa climber. Pengumpulan data menggunakan angket, soal tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Dalam analisis ini, kesalahan siswa dikategorikan berdasarkan Newman’s Error Analysis dan langkah menyelesaikan soal cerita dengan metode Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh subjek quitter, camper, dan climber yaitu kesalahan ketrampilan proses pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada tahap memeriksa kembali jawaban. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu ceroboh ketika mengidentifikasi informasi dalam soal dan ceroboh ketika proses menghitung menyelesaikan jawaban, siswa belum terbiasa mengerjakan soal cerita, siswa belum menguasai dengan baik materi matematika yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal, dan siswa cenderung tidak suka berpikir, juga terlihat bahwa siswa climber lebih dapat mengatasi kesulitan yang muncul ketika proses pengerjaan soal.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan siswa, analisis kesalahan newman, Polya, Adversity Quotient
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alma Nurlaila Indahsari
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:20
Last Modified: 14 Nov 2023 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57538

Actions (login required)

View Item View Item