Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi

Siregar, Anni Syahriani (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang ditemukan adalah sebagian besar peserta didik belum dapat memaksimalkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Hal itu perlu diberikan stimulus yang menuntut peserta didik dapat berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau hasil analisa kemampuan berpikir kritis lalu di deskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode statistik deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 432 peserta didik dan sampel sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator menganalisis diperoleh hasil sebesar 56,5%, indikator mengevaluasi diperoleh hasil sebesar 36,75% dan indikator mencipta diperoleh hasil sebesar 58%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XE 7 SMA Negeri 4 Kota Jambi tergolong sedang dengan perolehan hasil sebesar 50,42%. Abstract: The problem found is that the majority of students have not been able to maximize critical thinking skills in learning. It is necessary to provide a stimulus that requires students to be able to think critically. This research aims to find out the description or results of analysis of critical thinking skills and then describe critical thinking skills in Biology lessons in class X of SMA Negeri 4 Jambi. The approach used is a qualitative approach with descriptive statistical methods. The total population is 432 students and the sample is 36 students. The data collection techniques used are test and non-test techniques. The data analysis techniques used include validity tests, reliability tests, difficulty level tests and distinguishing power. The research results showed that the analyzing indicator obtained a result of 56.5%, the evaluating indicator obtained a result of 36.75% and the creating indicator obtained a result of 58%. The research results show that the critical thinking abilities of students in class XE 7 of SMA Negeri 4 Jambi City are classified as moderate with a result of 50.42%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan peserta didik, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:39
Last Modified: 13 Nov 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57551

Actions (login required)

View Item View Item