Analisis Efisiensi Pemasaran Pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Marpaung, Ernita Maddalena and Wahyuni, Ira and DAMAYANTI, YUSMA (2023) Analisis Efisiensi Pemasaran Pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, Agribisnis.

[img] Text
COVER ERNITA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
ABSTRAK ERNITA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB 5 ERNITA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB 1 ERNITA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ERNITA MADDALENA MARPAUNG.pdf

Download (436kB)
[img] Text
SKRIPSI ERNITA MADDALENA MARPAUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ERNITA MADDALENA MARPAUNG, Analisis Efisiensi Pemasaran Pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Ira Wahyuni, MP sebagai dosen pembimbing I sekaligus pembimbing akademik dan Ir. Yusma Damayanti, M.Si selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui gambaran pemasaran pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, (2) untuk mengetahui saluran pemasaran pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, (3) untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran berdasarkan efisiensi teknis dan ekonomis pada pemasaran pinang di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Makmur Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sampel yang digunakan sebanyak 70 orang sampel, terdiri dari 57 orang petani dan 13 orang lembaga pemasaran yaitu 9 orang Pedagang Pengumpul Kecil (PPK) dan 4 orang Pedagang Pengumpul Besar (PPB). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (I) Pemasaran pinang di Desa Makmur Jaya terdiri dari tiga bentuk pinang yaitu Pinang Basah Total, Pinang Super dan Pinang Tarahan Kering. (2) Saluran pemasaran pinang di Desa Makmur Jaya terdiri dari; 2 saluran pemasaran Pinang Basah Total, 3 saluran pemasaran Pinang Super dan 2 saluran pemasaran Pinang Tarahan Kering. (3) Saluran pemasaran yang lebih efisien secara teknis dan ekonomis yaitu: Saluran I pada jenis Pinang Basah Total, Saluran I pada jenis Pinang Super dan Saluran II pada jenis Pinang Tarahan Kering. Kata Kunci : Pemasaran Pinang, IET, IEE.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: MARPAUNG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:25
Last Modified: 14 Nov 2023 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57569

Actions (login required)

View Item View Item