Sari, Nisa Aulia (2023) GERAKAN MILENIAL AL HARIS-SANI DALAM STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN GUBERNUR JAMBI 2020. S1 thesis, Ilmu Politik.
![]() |
Text
SKRIPSI Nisa Aulia Sari (H1B118005).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) Cover.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) Abstrak.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) BAB 1.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) Kesimpulan.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
Nisa Aulia Sari (H1B118005) Daftar Pustaka.pdf Download (651kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana bagaimana Strategi Gerakan Milenial Al Haris-Sani (GEMA) dalam menjangkau pemilih muda pada Pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 dan menjakau pemilih yang aktif di dunia maya. Lebih lanjut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Strategi Gerakan Milenial Al Haris-Sani dalam memenangkan pasangan tersebut di kabupaten dan kota hingga menjangkau daerah perdesaan atau pedalaman, penelitian ini juga ditujukan untuk menganalisa peran teknis gerakan milenial Al Haris dalam pemenangan Al Haris dan Abdullah Sani di lapangan serta melihat hubungan antar aktor para tokoh dan kelompok atau organisasi dalam memberikan pengaruhnya kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara secara snowball terhadap berbagai narasumber dalam kepengurusan Gerakan Milenial Al Haris (GEMA) yang terlibat dalam pemenanganan pasangan Al Haris-Sani pada pilgub Jambi 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Milenial Al Haris (GEMA) menjalankan strategi pemenangan dengan cara push political marketing dan kampanye media sosial dengan memanfaatkan tim pemenangan lainnya dalam menjalankan strateginya secara pass political marketing melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya dengan memposting poster, brosur, spanduk serta poto-poto kegiatan kampanye terbuka oleh pasangan Al Haris – Abdullah Sani. Lebih lanjut, Gerakan Milenial Al Haris juga melakukan kegiatan pemenangan dengan cara turun langsung ke lapangan menemui pemilih dengan membawa poster dan brosur pasangan Al Haris – Abdullah Sani serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan juga membantu pemuda-pemudi di kalangan masyarakat dalam membuat kegiatan-kegiatan kepemudaan di bidang agama, pendidikan, olahraga dan sebagainya. GEMA juga menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan pemuda-pemudi sebagai pemilih muda untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pemilihan gubernur 2020. Kata Kunci: Pasangan Al Haris – Abdullah Sani, GEMA, Pilgub 2020
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |