PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT,SCHEMA) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP

Theresia, Yuliana (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT,SCHEMA) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP. UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (258kB)
[img] Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN .pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I new yuli.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V new yuli.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS matematika berbasis teori APOS dengan pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar yang efektif di kelas VII SMP, dan untuk mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Muaro Jambi pada Januari 2018. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui LKS yang dikembangkan sudah layak dan memiliki respon yang baik, serta keefektifitas dilihat dari hasil lembar aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dikatakan layak digunakan jika telah memiliki penilaian dari validator ahli desain, ahli materi dan guru mata pelajaran. Dari hasil analisis post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 84,37% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Hasil analisis dari angket persepsi siswa diperoleh hasil penilaian 4,11 dengan kategori “baik”. Dan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh 75,04% dengan kategori “aktif”. Dengan demikian, LKS yang dibuat sudah efektif. Sehingga LKS ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran bentuk aljabar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: YULIANA THERESIA L T
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:12
Last Modified: 09 Oct 2018 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5763

Actions (login required)

View Item View Item