MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MATERI INDERA MANUSIA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 187/ TERATAI

ANDIKA, TATAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MATERI INDERA MANUSIA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 187/ TERATAI. JURNAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MATERI INDERA MANUSIA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 187/ TERATAI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Tatan Andika, 2018 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada IPA Materi Indera Manusia Kelas IV Menggunakan Media Gambar Pada SDN 187/I Teratai”. Skripsi. Pembimbing I Drs. Faisal Chan, S.Pd, M.Si Pembimbing II Ahmad Hariandi, S.Pd, M.g. Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media gambar. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tentang materi indera manusia kelas IV SDN 187/I Teratai Kecamatan Muara Bulian Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas dan diperoleh sample sebanyak 22 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 187/I Teratai Kecamatan Muara Bulian tahun 2017, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Rangka Manusia dan Pemeliharaannya di kelas IV SDN 187/I Teratai Kecamatan Muara Bulian. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada tiap siklusnya. Hasil belajar IPA siswa berdasarkan kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, di kelas IV siswa yang mencapai ketuntasan hanya 40,90% dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I setelah menerapkan metode pembelajaran Media Gambar, siswa yang tuntas dalam KKM 68 sebanyak 17 siswa atau 77,27% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 22 siswa dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 75,45. Pada siklus II pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Media Gambar sebanyak 22 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 87,27. Jadi selisih antara hasil kondisi awal dan siklus I sebesar 36,37%, dan selisih antara hasil siklus I dan siklus II sebesar 22,73%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TATAN ANDIKA
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:24
Last Modified: 09 Oct 2018 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5765

Actions (login required)

View Item View Item