Alam, Samsu (2023) Upaya Meningkatkan Keatifan Belajar Ekonomi Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mikir (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Dan Refleksi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (214kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text
SAMSU ALAM SKRIPSI FIX.pdf Download (3MB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keaktifan belajar ekonomi melalui pendekatan pembelajaran MIKIR (2) meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran MIKIR di kelas XII IPS 1 SMAN 13 kota jambi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS I dengan jumlah 35 orang siswa. Perlakuan yang di berikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi dengan pendekatan pembelajaran MIKIR. Temuan penelitian ini sebagai berikut. (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran MIKIR sudah sesuai dengan prosedur pelaksaan pembelajaran. (2) meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 2.630 Dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 75,14 Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 2.940 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 84,14 dan siklus II nilai rata-rata sebesar 3.345 Dengan ketuntasan belajar sebesar 95,57 (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II. Kata kunci : keaktifan belajar, belajar ekonomi, dan pendekatan pembelajaran MIKIR This study aims to determine (1) the activeness of learning economics through the MIKIR learning approach (2) improve learning outcomes through the MIKIR learning approach in class XII IPS 1 SMAN 13 jambi city. This research is a class action research (PTK) the subject of this research is all students of class XII IPS I with a total of 35 students. The treatment given to the research subjects to improve student learning activeness and learning outcomes of Economics subjects with the MIKIR learning approach. The findings of this study are as follows. (1) the implementation of learning by using the MIKIR learning approach is in accordance with the learning implementation procedure. (2) increasing the class average in the initial test of 2,630 with a learning completeness rate of 75.14 In cycle I the class average value was 2,940 with a learning completeness rate of 84.14 and cycle II the average value was 3,345 with a learning completeness of 95.57 (3) improving student learning outcomes from the initial test to cycle II. Keywords: learning activeness, learning economics, and the MIKIR learning approach
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, belajar ekonomi, dan pendekatan pembelajaran MIKIR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Alam |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 08:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 08:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57686 |
Actions (login required)
View Item |