PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS STEAM PADA MATERI SIFAT KOLOID UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Harahap, Sayida (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS STEAM PADA MATERI SIFAT KOLOID UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DOC-20231116-WA0001..pdf

Download (185kB)
[img] Text
DOC-20231115-WA0023..pdf

Download (313kB)
[img] Text
DOC-20231115-WA0024..pdf

Download (185kB)
[img] Text
DOC-20231115-WA0025..pdf

Download (417kB)
[img] Text
DOC-20231116-WA0000..pdf

Download (128kB)
[img] Text
DOC-20231115-WA0022..pdf

Download (5MB)
[img] Text
DOC-20231102-WA0006..pdf

Download (579kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: e-modul, STEAM, Koloid, Kemampuan Berpikir Kritis. Pendidikan merupakan salah satu bagian penting untuk memperoleh ilmu. Pada abad 21 ini pendidikan diharapkan mampu berkembang secara pesat dengan menerapkan 4C pada pembelajaran yaitu Collaboration (kerjasama), Communication (komunikasi), Critical Thinking (berpikir kritis), dan Creativity (kreativitas). Melalui bahan ajar berbasis teknologi akan mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan, penilaian guru dan dan respon siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis STEAM untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa . Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee and Owens yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, angket analisis kebutuhan siswa. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi . kemudian setelah didapat produk layak uji berdasarkan validasi tersebut, selanjutnya dinilai oleh guru dan diujicobakan kepada siwa dengan uji kelompok kecil. Teknik analsiis data yang digunakan adalah kualitatif yang berupa komentar, saran, masukan dan kuantitatif yang berupa skor penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa e-modul bebrasis STEAM layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan penilaian ahli materi97,15%, sedangkan penilaian dari ahli media 96%. Dari instrumen penilaian guru diperoleh 98,5% dan hasil dari instrumen respon siswa diperoleh sebesar 92,40%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e- modul berbasis STEAM pada materi sifat koloid sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, STEAM, Koloid, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Harahap
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:57
Last Modified: 20 Nov 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57703

Actions (login required)

View Item View Item