PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MNEMONIK UNTUK MEMBANTU DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI

Khairatamma, Tari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MNEMONIK UNTUK MEMBANTU DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru Biologi kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi, diketahui bahwa selama pembelajaran masa pandemi Covid 19, jam pelajaran antara guru dan siswa menjadi lebih singkat. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang dilakukan belum maksimal serta kurangnya daya ingat siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Maka dari itu salah satu solusi yang ditawarkan pada penelitian yaitu pembelajaran dengan menggunakan e-modul mnemonik yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran secara mandiri serta membantu daya ingat siswa. Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk 1) mengembangkan e-modul berbasis metode mnemonik pada materi sistem saraf kelas XI, 2) mengetahui kelayakan dari e-modul mnemonik pada materi sistem saraf kelas XI. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah e-modul mnemonik pada sistem saraf untuk kelas XI SMA. Subjek penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi. Uji coba yang dilakukan pada kelompok kecil dengan jumlah 8 siswa dan uji coba kelompok besar 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi materi dan media, angket persepsi guru dan siswa. Hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 76,70%, validasi media sebesar 91,70%, persepsi guru memperoleh persentase sebesar 81,70%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 80,84%, dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 83,26%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul mnemonik yang telah dikembangkan layak diimplementasikan sebagai media pembelajarn guna membantu daya ingat siswa. Evaluation in learning is one of the steps to improve the quality of learning. Based on the results of interviews conducted with the Biology teacher of class XI SMA Islam Al-Falah Jambi, it is known that during the learning period of the Covid 19 pandemic, the lesson hours between teachers and students became shorter. This causes the learning that has been carried out to be not optimal and the lack of student memory of the material that has been taught. Therefore, one of the solutions offered in the research is learning by using mnemonic e-modules that can help students in learning independently and help students' memory. The objectives of the research were to 1) develop e-modules based on the mnemonic method on grade XI nervous system material, 2) determine the feasibility of mnemonic e-modules on grade XI nervous system material. The type of research conducted is Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The learning media developed is a mnemonic e-module on the nervous system for class XI SMA. The subjects of the research conducted were 11th grade students of Al-Falah Jambi Islamic High School. The trial was conducted in a small group of 8 students and a large group trial of 24 students. . The data collection instruments used were material and media validation sheets, teacher and student perception questionnaires. The results of material validation obtained a percentage of 76.70%, media validation of 91.70%, teacher perception obtained a percentage of 81.70%, small group trials obtained a percentage of 80.84%, and large group trials obtained a percentage of 83.26%. The conclusion of this research is that the mnemonic e-module that has been developed is feasible to be implemented as a learning media to help students' memory.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Metode Mnemonik, Daya Ingat, Sistem Saraf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: KHAIRATAMMA
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:20
Last Modified: 16 Nov 2023 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57711

Actions (login required)

View Item View Item