Meliala, Eva Maria (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Prediction, Observation, Explanation) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Eva Maria Meliala_A1C419100_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
hal pers-kt pngntr.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan adalah kegiatan penyaluran ilmu pengetahuan dari guru terhadap peserta didik, agar peserta didik mampu melaksanakan kehidupan dengan kepribadian dan jiwa yang luhur, serta membentuk kepribadian taqwa, dan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas XI MIPA SMA N 3 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Kota Jambi pada bulan Mei. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dua kelas dari tujuh kelas XI MIPA dipilih secara purposive sampling sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran POE) dan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran direct learning). Keterlaksanaan model pembelajaran POE dan hasil belajar siswa diukur menggunakan lembar pengamatan dan tes tertulis yang telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji-t pada taraf nyata 5%. Model pembelajaran pada kelas eksperimen maupun kontrol telah terlaksana dengan baik selama dua kali pertemuan. Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dilihat melalui peningkatan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t menunjukkan bahwa thitung<ttabel adalah 3,24 dan 2,00 menunjukkan model POE (Predict, Observe, Explain) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE (Predict, Observe, Explain), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Meliala |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 01:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 01:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |