NURAINI, NURAINI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELISTRIKAN BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL DI SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELISTRIKAN BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL DI SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (219kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (793kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSRTAK Nuraini. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Kelistrikan Berbasis E-Learning Quipper School Di SMP Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Wawan Kurniawan ,S.Si., M.Cs. Kata kunci: Bahan ajar, Kelistrikan, E-learning Quipper School Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Teknologi yang berkembang dengan cepat menuntut guru agar mampu memanfaatkan dan membuat suatu desain pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dan bisa membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 lazimnya adalah pembelajaran yang berbasis komputer. Hal ini dikarenakan adanya arus globalisasi dan kemajuan teknologi dan informasi serta berorientasi Information, Communication, and Technology (ICT), sehingga diperlukan suatu media yang unik, kreatif, dan berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik merupakan wujud nyata dari kreatifitas guru agar peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran, serta mendorong peserta didik untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA SMP berbasis e-learning quipper school pada materi kelistrikan, dan mengetahui persepsi siswa kelas 1X SMPN 7 Kota Jambi terhadap bahan ajar yang dikembangkan sebagai media pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan menggunakan model 4D (Difine, Design, Development, and Dissimination). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran IPA SMP berbasis e-learning quipper school pada materi kelistrikan dinyatakan melalui pengujian tim ahli dan persepsi siswa. Media pembelajaran yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli, dan selanjutnya diuji cobakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Jambi untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Analisis persepsi siswa pada aspek desain media diperoleh persentase sebesar 83% (baik), aspek materi sebesar 82,31% (baik), dan aspek keterbacaan media sebesar 83,52% (baik). Rata-rata keseluruhan aspek adalah 82,94% (baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran IPA SMP berbasis e-learning quipper school pada materi kelistrikan yang telah dikembangkan layak diuji cobakan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURAINI |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 08:34 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 08:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5777 |
Actions (login required)
View Item |