PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SMA KELAS X

Hendriyani, Darwita PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SMA KELAS X.

[img] Text
Darwita 1. COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Darwita 4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
16. BAB V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Hendriyani, Darwita. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Guided Inquiry pada Materi Usaha dan Energi untuk SMA Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Tugiyo Aminoto, S.Si., M.Si., M.Ed., (II) Febri Berthalita Pujaningsih S.Si., M.Si., Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Guided Inquiry. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik untuk memahami penyampaian materi Fisika yang diberikan oleh pendidik saat proses pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan malas untuk mempelajari Fisika khususnya pada materi usaha dan energi. Kreativitas pendidik dalam mengelola proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat besar pada kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik. Selain kreativitas pendidik, waktu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran disekolah untuk mempelajari Fisika khususnya materi usaha dan energi belum mencukupi bagi peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik dimana saja dan kapan saja. Pengembangan media dengan menggunakan komputer dapat dijadikan media pembelajaran yang interaktif. Penerapan sintak strategi pembelajaran Guided Inquiry dalam pengembangan media pembelajaran juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran peserta didik. Untuk itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan modul elektronik Fisika berbasis Guided Inquiry pada materi usaha dan energi untuk SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul elektronik Fisika berbasis Guided Inquiry pada materi usaha dan energi untuk SMA kelas X, serta mengetahui persepsi peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Development-Dissemination). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development. Software yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah 3D PageFlip Profesional. Media pembelajaran yang dihasilkan memiliki spesifikasi format .exe yang dapat dioperasikan pada komputer atau laptop tanpa harus menginstal software 3D PageFlip Profesional. Hasil ujicoba pengembangan terhadap kelas X IPA 3 SMAN 11 Kota Jambi menunjukkan bahwa modul elektronik Fisika dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik terhadap proses pembelajaran Fisika pada materi usaha dan energi. Skor persepsi peserta didik pada ujicoba pengembangan adalah 53,7 yang dikategorikan sangat baik. Untuk skor validasi ahli materi dan ahli media terhadap modul elektronik masing-masing adalah 61 dan 67 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik Fisika berbasis Guided Inquiry pada materi usaha dan energi untuk SMA kelas X yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri atau tambahan dalam proses pembelajaran peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DARWITA HENDRIYANI
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:34
Last Modified: 09 Oct 2018 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item