PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN KASUS KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA

PESTIYA, MIKEN (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN KASUS KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (700kB)
[img] Text
SKRIPSI_MIKEN PESTIYA_(A1C119069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pestiya, Miken. 2023. ”Pengembangan e-Modul Berbasis Pembelajaran kasus Konstektual untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing:(I) Muhammad haris effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D. Pembimbing (II) Drs. Affan Malik, M.E. Kata Kunci: e-Modul,case Based learning , Berpikir kritis , asam basa Materi asam basa merupakan salah satu materi kimia kelas XI pada kurikulum 2013. Materi asam basa berkarakteristik berupa konsep-konsep asam basa serta fakta-fakta yang terdapat didalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran case based learning (CBL) hadir sebagai salah satu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual yaitu mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata sehingga selain mempelajari materi siswa juga bisa berdiskusi tentang kasus-kasus yang ada dilingkungan dan berkaitan dengan materi asam-basa dimana hal ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan e-modul pada materi asam basa berbasis CBL, mengetahui kelayakan e-modul menurut ahli materi dan media, mengetahui penilaian guru bidang studi kimia, mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan dan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penelitian yang digunakąn berupa pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini bahwa emodul kimia pada materi asam basa berbasis CBL pada kelas XI mendapat hasil kelayakan ahli materi ahli media dengan kategori “sangat layak”, penilaian guru juga mendapat respon penilaian “sangat layak”, dari respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan hasil kelayakan dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh menggunakan uji N-Gain didapatkan kategori “sedang”. Serta uji t-test paired didapatkan kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia pada materi asam basa berbasis case based learning sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul,case Based learning , Berpikir kritis , asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Pestiya
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:39
Last Modified: 14 Jun 2024 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57835

Actions (login required)

View Item View Item