PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBUATAN TELUR ASIN UNTUK SISWA FASE E

Br Pangaribuan, Madalena (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBUATAN TELUR ASIN UNTUK SISWA FASE E. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Madalena.pdf

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Madalena Br Pangaribuan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ARTIKEL MADALENA.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan e-modul projek penguatan profil pelajar pancasila melalui pembuatan telur asin untuk siswa fase E, (2) Untuk mengetahui kelayakan secara konseptual e-modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan telur asin untuk siswa fase E, serta (3) Mengetahui penilian dan respon siswa terhadap e-modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan telur asin untuk siswa fase E. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Lee dan Owens yang memiliki lima tahapan yaitu analisis(analysis), desain (design), pengembangan (development) implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation). Sebelum mengembangkan e-modul terlebih dahulu dilakukan penelitian mengenaitelur asin dengan media bumbu rendang, kulit bawang merah, cabai dan serai yang kemudian data yangdidapatkan dijadikan bahan untuk mengembangkan e-modul projek. Penelitian ini melalukan semua tahap, implementasi dilakukan hanya uji coba kelompok kecil sebanyak sepuluh peserta didik di SMAN 8 Tanjung Jabung Timur kelas X fase E. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, angket, dan saran serta komentar. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa e-modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan telur asin yang telah divalidasi dengan tim ahli materi dan ahli media sebanyak tiga kali dengan skor rata-rata 86% untuk materi dan 84% untuk media dengan kategori sangat setuju. Hasil dari penilian guru mendapatkan rerata nilai 4,47 dengan persentase 89,3%. Hasil dari uji kelompok kecil skor 90,4% dengan kategori “Sangat Setuju”. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan telur asin untuk siswa fase E layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran guna mencapai profil pelajar Pancasila.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Pangaribuan
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:57
Last Modified: 20 Nov 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57838

Actions (login required)

View Item View Item