PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 18 KABUPATEN TEBO

Triastuti, Widi PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 18 KABUPATEN TEBO. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 18 KABUPATEN TEBO. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (210kB)

Abstract

Triastuti, Widi. 2018.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 18 Kabupaten Tebo: Skripsi, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, MP (II) Siti Syuhada, S.Pd,M.Pd Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe teams games tournament (tgt), hasil belajar. Rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 18 Kabupaten Tebo dikarenakan kebanyakan guru masih banyak menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga tidak tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi yang dapat menambah semangat belajar siswa. Akibatnya kegiatan belajar mengajar kurang menarik dan membosankan karna siswa tidak dirangsang atau ditantang untuk belajar dan berfikir keatif hal ini menyebabkan ketidak tercapaian tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus kreatif dalam merencanakan pembelajaran agar siswa menjadi aktif dan kreatif yang pada akhirnya adalah tercapainya suatu pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarainya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adal Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 18 Kabupaten Tebo. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 18 Kabupaten Tebo, Tahun Ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model konvensional. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar pada aspek kognitif ketiga kelas sampel adalah tes soal objektif pilihan ganda dengan jumlah soal 30 butir serta telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung adalah 7,35 dan ttabel adalah 2,000. Dari analisis uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 18 Kabupaten Tebo.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: WIDI TRIASTUTI
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:32
Last Modified: 10 Oct 2018 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item