Marini, Yulia PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI.
Text
cover.pdf Download (113kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (492kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulia Marini, 2018 “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Suratno, M.Pd. Pembimbing II Reka Seprina, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Motivasi diperlukan dalam proses belajar mengajar kerena merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang dalam belajar. Dalam belajar, hal mendasar yang dibutuhkan adalah keinginan atau kemauan seseorang dalam belajar. Seseorang akan berhasil dalam belajar jika ada keinginan yang kuat untuk belajar di dalam dirinya. Siswa yang memiliki keinginan yang kuat dalam belajar akan bersungguh-sungguh mengerjakan apa yang diinginkannya sehingga akan lebih mudah tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi, menunjukkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhdap motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi, Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi, untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka dengan jenis penelitian yakni Ex-Postfacto. Variabel bebas (independen variabel) yaitu lingkungan keluarga (X1) dan pergaulan teman sebaya (X2). Veriabel terikat (dependen variabel) motivasi belajar (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data penelitian yakni dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Jumlah sampe yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji normalitas menunjukkan data variabel lingkungan keluarga, pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis pada X1 terhdap Y nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,031 pada taraf signifikansi 5% dapat diketahui Thitung sebesar 0,181 dengan nilai signifikansi sebesar 0,857. Karena mempunyai nilai signifikansi (p) > 0,05 dan Thitung < Ttabel (Ttabel =1,990) maka X1 tidak bepengaruh ke Y. X2 Ke Y diperoleh nilai koefisien regresi (b2) sebesar 1,077 pada taraf signifikansi 5% dapat diketahui Thitung sebesar 4,953 dengan nilai signifikansi 0,000 karena mempunyai nilai signifikansi (p) < 0,000 dan Thitung <Ttabel (Ttabel =1,990) maka X2 berpengaruh ke Y. X1, X2 terhadap Y diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,645 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena nilai signifikansi (p) < 0,05 maka X1, X2 berpengaruh pada Y. Dan diperoleh R square sebesar 0,257 artinya lingkungan keluaraga dan pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi sebesar 25,7%. Selebihnya dikarenakan faktor lain.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YULIA MARINI |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 01:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5795 |
Actions (login required)
View Item |