JUMAWATI, JUMAWATI PENGARUH KESIAPAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KESIAPAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (673kB) |
Abstract
ABSTRAK Jumawati, 2018. Pengaruh Kesiapan dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Firman Khaidir, M. Si (2) Siti Syuhada, S. Pd., M. E. Kata Kunci : Kesiapan, Kemandirian Belaja, dan Hasil Pembelajaran Hasil pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi masih tergolong rendah. Hasil Pembelajaran siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya kesiapan dan kemandirian belajar siswa. Dengan kesiapan yang tinggi dan kemandirian belajar yang tinggi akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa. penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. (3) Pengaruh kesiapan dan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambitahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 61 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Data tentang kesiapan dan kemandirian belajar siswa dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi yaitu melalui nilai hasil ulangan semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis regresi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil pembelajran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Koefisien persamaan bidang regresi variabel kesiapan (X1) 0,316 dengan nilai signifikan 0.009 dan variabel kemandirian (X2) 0,328 dengan nilai signifikan 0,006.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JUMAWATI |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 01:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5797 |
Actions (login required)
View Item |