PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN WISATA EDUKASI DESA WISATA JERNIH KABUPATEN SAROLANGUN UNTUK SMP DAN SMA

AMALIA, SONYA PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN WISATA EDUKASI DESA WISATA JERNIH KABUPATEN SAROLANGUN UNTUK SMP DAN SMA. SKRIPSI. (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI UNTUK REPOSITORY.pdf

Download (436kB)

Abstract

Amalia, S. 2018. “Pengembangan Buku Panduan Wisata Edukasi Desa Wisata Jernih Kabupaten Sarolangun untuk SMP dan SMA”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D (II) Winda Dwi Kartika, S.Si., M.Si Kata Kunci : Buku Panduan, Wisata Edukasi, SMP dan SMA Buku panduan merupakan suatu buku yang berisi tentang petunjuk-petunjuk kegiatan yang akan dilakukan, sedangkan wisata edukasi merupakan suatu kegiatan mengunjungi alam secara berkelompok sambil mempelajari apa yang ada di alam tersebut. Buku panduan wisata edukasi untuk SMP dan SMA ini berisi tentang panduan kegiatan-kegiatan wisata edukasi yang dapat dilakukan di Desa Jernih, Kabupaten Sarolangun. Kegiatan-kegiatan utama pada buku panduan wisata edukasi dikembangkan berdasarkan dengan materi-materi biologi yang terdapat dalam kurikulum pembelajaran biologi SMP dan SMA yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui tanggapan guru serta mengetahui persepsi siswa terhadap Buku Panduan Wisata Edukasi Desa Wisata Jernih Kabupaten Sarolangun untuk SMP dan SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian angket persepsi guru bidang studi biologi serta peserta didik dan data kualitatif yang diperoleh dari validasi media dan validasi materi biologi. Hasil validasi media yang didapat termasuk kategori “Layak”, dan untuk hasil validasi materi biologi mendapat penilaian dengan kategori “Layak”. Berdasarkan hasil penilaian Validator berikut maka Buku Panduan Wisata Edukasi untuk SMP dan SMA bisa diujicobakan. Sedangkan hasil untuk tanggapan guru biologi kelas XI SMAN Titian Teras memperoleh nilai sebesar 54 atau 90% dikategorikan “Sangat Baik”dan didapatkan pula hasil untuk tanggapan guru biologi kelas XI SMAN 9 Sarolangun yang teletak di Desa Jernih yang memperoleh nilai sebesar 56 atau 93% dikategorikan “Sangat Baik”. Pada hasil ujicoba kelompok kecil mendapatkan penilaian sebesar 49,8 atau 83% yang dapat dikategorikan “Sangat Baik” dan diperoleh pula hasil dari tanggapan siswa SMAN 9 Sarolangun sebesar 48,9 atau 81,5% yang dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut Buku Panduan Wisata Edukasi Desa Wisata Jernih Kabupaten Sarolangun untuk SMP dan SMA ini mendapat respon positif dan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran biologi di luar lingkungan sekolah.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: SONYA AMALIA
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:23
Last Modified: 15 Oct 2018 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item