Ramadhansyah, Uvis and Zamzami, Zamzami and Achmad, Erni (2023) STRATEGI PEMERINTAH KOTA JAMBI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS UVIS REVISI SIDANG FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER UVIS FINAL.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK UVIS FINAL.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI-LAMPIRAN UVIS FINAL.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB I UVIS FINAL.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB IV UVIS FINAL.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB V UVIS FINAL (PEMBAHASAN).pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB VI UVIS FINAL.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA UVIS FINAL.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
TANDA PERSETUJUAN KETUA PROGRAM.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian in adalah untuk menganalisis; (1) perkembangan PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, jumlah wisatawan, serta penerimaan pajak hotel dan pajak restoran, (2) pengaruh PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, dan jumlah wisatawan terhadap penerimaan pajak hotel dan pajak restoran di Kota Jambi periode 2001-2021, dan (3) strategi pemerintah Kota Jambi dalam meningkatkan penerimaan pajak hotel dan pajak restoran. Penelitian in menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana yang menjadi sumber data dalam penelitian in adalah BPPRD dan BPS Kota Jambi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pendataan PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, jumlah wisatawan, serta penerimaan pajak hotel dan pajak restoran selama kurun waktu 2001-2021 menunjukkan perkembangan yang berfluktuasi. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan pajak hotel dan restoran di Kota Jambi selama periode 2017-2021 meliputi; Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), jumlah wajib pajak, dan jumlah wisatawan. Berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal dan hail analisis faktor strategis eksternal didapatkan bahwa model strategi yang paling tepat utuk diterapkan dalam meningkatkan penerimaan pajak hotel dan restoran yaitu strategi Kekuatan-Peluang (SO), yang mencakup; (1) mengoptimalkan program intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak hotel dan restoran, (2) melakukan pendataan wajib pajak hotel dan restoran secara efektif, (3) bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam rangka memajukan kepariwisataan sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke kota jambi, (4) mengintensifkan pelaksanaan penyuluhan tentang pajak hotel dan restoran kepada seluruh wajib pajak, (5) memanfaatkan kebijakan otonomi daerah yang seluas-Juasnya dengan menggunakan sumber daya manusia yang memadai dan potensi wisata daerah, (6) pemanfaatan jaringan sistem informasi pelayanan pajak secara maksimal, dan (7) meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat dengan menyiapkan segala fasilitas hotel dan restoran yang lebih menarik. Berdasarkan hasil temuan in disarankan pemerintah daerah agar memanfaatkan insentif finansial yang diberikan ole pemerintah untuk memudahkan bisnis hotel dan restoran serta membantu mereka meningkatkan layanan yang mereka berikan agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke hotel dan restoran yang ada di Kota Jambi. Kata Kunci: strategi, pajak hotel, pajak restoran Alamat Korespondensi: uvispascamieunja@gmail.com
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Pascasarjana > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Ramadhansyah |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:21 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |