Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Novel untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi

Muhammad, Billy Surya (2023) Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Novel untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Novel Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VII SMP N 8 Muaro Jambi.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Bab I Skripsi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab V Skripsi.pdf

Download (234kB)

Abstract

Muhammad, Billy Surya, 2023. Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Novel Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (i) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., (II) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd., CIT. Kata Kunci: Interaktif, Visual Novel, Penalaran Matematis, Peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis visual novel menggunakan microsoft power point untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam materi peluang di SMP Negeri 8 Muaro Jambi dan mendeskripsikan kualitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim validator, guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi, serta siswa kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan penalaran matematis nya. Media pembelajaran ini berfokus pada materi matematika peluang kelas VII SMP. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dengan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan media pembelajaran yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) media pembelajaran dikatakan valid dari segi materi dan segi desain oleh kedua validator karena telah diperbaiki sesuai saran dan komentar dari validator, 2) presentase kepraktisan media pembelajaran oleh guru mencapai 93,33% dan oleh siswa 92,14%, 3) presentase keefektifan media pembelajaran dari angket respon siswa mencapai 90% dan dari hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yang menunjukkan kenaikan kemampuan penalaran matematis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: MUHAMMAD
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:49
Last Modified: 30 Nov 2023 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58097

Actions (login required)

View Item View Item