Reza, Lusi Yulia (2023) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI TAHUN 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSII.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai salah satu tujuan pemasaran yaitu memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pengomsumsi serta mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan dari bauran pemasaran. Jumlah kunjungan pasien Rsud H. Abdul Manap Kota Jambi selama tiga tahun terakhir terhitung dari tahun 2019 dengan jumlah kunjungan 7049 pasien sampai tahun 2021 dengan jumlah kunjungan 3599 pasien mengalami penurunan yang berfluaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran dengan keputusan pasien memilih pelayanan rawat inap di Rsud H. Abdul Manap Kota Jambi. Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3599 pasien. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 51 orang. Cara pengambilan sampe dengan accidental sampling dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis univariat dan bivariat melalui uji chi square. Hasil : Hasil analisis Chi-square menunjukkan ada hubungan persepsi pasien tentang product (Pvalue 0,000), price (Pvalue 0,039), promotion (Pvalue 0,037), place (Pvalue 0,039), people (Pvalue 0,022), dan process (Pvalue 0,014) dengan keputusan pasien memilih pelayanan rawat inap. Tidak ada hubungan bauran pemasaran physical evidence (Pvalue 0,749) dengan keputusan pasien memilih pelayanan rawat inap di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2023. Kesimpulan : Variabel yang berhubungan dengan keputusan pasien di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi adalah produk, harga, tempat, orang, proses, dan promosi. Kemudian variabel yang tidak berhubungan yaitu variabel bukti fisik dengan keputusan pasien. Bauran pemasaran perlu diterapkan oleh rumah sakit sebagai target pasar agar konsumen memilih pengobatan di RSUD H. Abdul Manap. Kata Kunci : Keputusan Memilih, Bauran Pemasaran, Rumah Sakit, Rawat Inap Background : The marketing mix is a set of marketing tools used to achieve one of the marketing objectives, namely providing satisfaction with the wants and needs of consumers and bringing profits to the company from the marketing mix. The number of patient visits of Rsud H. Abdul Manap Jambi City for the last three years starting from 2019 with a total visit of 7049 patients to 2021 with a total visit of 3599 patients has decreased fluently. The purpose of this study was to analyze the relationship between the marketing mix and the patient's decision to choose inpatient services at Rsud H. Abdul Manap Jambi City. Methods : The type of research used in this study is quantitative research using a cross sectional study design. The population in this study amounted to 3599 patients. The number of samples in this study were 51 people. Sampling method with accidental sampling using a questionnaire. Data were analyzed univariate and bivariate through the chi square test. Results : The results of Chi-square analysis show that there is a relationship between patient perceptions of product (Pvalue 0.000), price (Pvalue 0.039), promotion (Pvalue 0.037), place (Pvalue 0.039), people (Pvalue 0.022), and process (Pvalue 0.014) with patient decisions choosing inpatient services. There is no relationship between the physical evidence (Pvalue 0.749) with the patient's decision to choose inpatient services at RSUD H. Abdul Manap Jambi City in 2023. Conclusion : The variables associated with patient decisions at RSUD H. Abdul Manap Jambi City are product, price, place, people, process, and promotion. Then the unrelated variable is the physical evidence variable with patient decisions. The marketing mix needs to be applied by the hospital as a target market so that consumers choose treatment at H. Abdul Manap Hospital. Keywords : Choosing Decision, Marketing Mix, Hospital, Inpatient
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Memilih, Bauran Pemasaran, Rumah Sakit, Rawat Inap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Reza |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 06:45 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |