Latifah, Nuni (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK..pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI .pdf Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (206kB) |
Abstract
Latifah, Nuni. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn. Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd (II) Dr. Alif Aditya Candra, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan berpikir logis, Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa pada mata pelajaran PPKn. Masalah yang terdapat dalam penulisan ini guru belum menerapkan model pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk menumbuhkan kemampuan berpikir logis siswa, maka dari itu penulis merasa perlu adanya inovasi dari guru dalam menggunakan model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 229 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 63% dengan kategori “logis” dan rata-rata kelas kontrol adalah 38% dengan kategori “kurang logis” Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (7.091 >1.998) dengan taraf 5% yang artinya model kooperatif tipe team accelerated instruction memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis siswa dan diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir logis siswa adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction terhadap kemampuan berpikir logis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir logis, Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | LATIFAH |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58113 |
Actions (login required)
View Item |