Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi

Rezeki, Cindy Clodia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi. D3 thesis, UNIVVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rezeki, Cindy Clodia. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas IX. 3 SMP Negeri 12 Kota Jambi. Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing II: Sundari Utami, S.Pd.,M.Sc. Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran PPKn pada hasil belajar siswa. Pembelajaran yang disampaikan secara konvensional cenderung membuat siswa bosan terhadap penyampaian materi yang diberikan. Akibatnya siswa malas dalam bertanya maupun mengemukakan pendapatnya dan pembelajaran pun menjadi monoton, sehingga tujuan pembelajaran yang tidak maksimal diterima oleh siswa. Terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum memenuhi krikteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini tentunya menjadi suatu permasalahan yang apabila tidak ditindak lanjutkan. Disisi lain tentunya guru diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa. Sehingga siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran dan pembelajaran tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin. Desain penelitian ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan oleh guru PPKn di dalam kelas. Rencana tindakan dalam setiap siklus penelitian ini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan dokumentasi. Kerikteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian yaitu 60%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan nilai ujian semester siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX.3 diperoleh 56% atau 18 siswa nilai ujian semester belum mencapai KKM sedangkan 44% atau 14 siswa nilai ujian semester sudah mencapai KKM. Dari hasil observasi tersebut menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Maka peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 57% dengan perolahan nilai siswa yang tuntas 22% atau 7 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa 66% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 41% atau 13 orang siswa yang tuntas . Lalu pada siklus III diperoleh persentase hasil belajar siswa 71% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 56% atau 18 siswa yang tuntas.

Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Numbered Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: SIMANUNGKALIT
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:16
Last Modified: 29 Nov 2023 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58114

Actions (login required)

View Item View Item