FADHILAH, AYUNDA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
BAB I.pdf - Published Version Download (45kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
BAB V.pdf - Published Version Download (45kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA JAMBI)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kesiapan belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,726 > 1,982 maka dapat dikatakan signifikan. Karena nilai thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, besarnya pengaruh X1 terhadapi X2 yaitu 36%, 2) Terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 8,415 > 1,982 maka dapat dikatakan signifikan. Karena nilai thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, besarnya pengaruh X2 terhadapi Y yaitu 40%, 3) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,043 > 1,982 maka dapat dikatakan signifikan. Karena nilai thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, besarnya pengaruh X1 terhadapi Y yaitu 19,3%, 4) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar melalui kesiapan belajar sebagai mediator dengan dibuktikan melalui dari data tersebut yang dikalkulasi lalu menghasilkan P-Value 0,000 < 0,05 yang artinya hasil uji sobel dari media pembelajaran terhadap motivasi belajar dengan kesiapan belajar sebagai variabel moderator adalah signifikan, oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya perolehan 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kesiapan belajar dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. 2) pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. 3) pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. 4) temuan menyatakan terdapat pengaruh tidak langsung media pembelajaran terhadap motivasi belajar dengan kesiapan belajar sebagai variabel mediator. Serta sarannya 1) peneliti selanjutnya mampu menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar sehingga penelitian dapat memperoleh gambaran yang utuh, 2) peserta didik mampu meningkatkan motivasi didalam dirinya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, 3) sekolah dan guru harus lebih memperhatikan setiap media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar yang mampu meningkatkan motivasi belajar dari peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kesiapan Belajar, dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | FADHILAH |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 02:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 05:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58141 |
Actions (login required)
View Item |