PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 JUJUHAN BUNGO

NIATI, CICI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 JUJUHAN BUNGO. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 JUJUHAN BUNGO.

[img] Text
Cover 1.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (164kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Sidang.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Sidang.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Niati, Cici.2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan Bungo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, UniversitasJambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M. Hum, M. Pd (2) Dr. Kuswanto, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Metode Mengajar. Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar. Selanjutnya ketersediaan fasilitas sebagai pendukung pembelajaran sejarah juga masih belum maksimal pemenuhan dan pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan Kabupaten Bungo baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 78 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 21. Hasil penelitian menunjukkan terdapa tpengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru sejarah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Hal ini didasarkan dari uji t hitung(4,796) >t tabel(1,658). Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan Kabupaten BungoProvinsi Jambi. Hal ini didasarkan dari hasil thitung(6,446) >t tabel(1,658). Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Hal ini didasarkan dari Fhitungsebesar(116,685) >Ftabel (3,13). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa hendaknya dapat memanfaatkan berbagai kemudahan dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah dengan baik untuk menunjang kegiatan belajar sejarah, dan hendaknya mencari tambahan materi secara mandiri. Sedangkan bagi guru hendaknya membuat proses pembelajaran yang menarik melalui berbagai metode pembelajaran dengan memanfaatkan dengan optimal fasilitas belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: CICI NIATI
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:31
Last Modified: 15 Oct 2018 04:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item