IMPLEMENTASI METODE SCRAMBLE DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

FAUZAN, AHMAT (2023) IMPLEMENTASI METODE SCRAMBLE DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Halaman judul dan cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Skripsi Ahmat Fauzan A1D119009 PGSD UNJA.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fauzan, Ahmat. 2023. Implementasi metode scramble dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd. Pembimbing II Silvina Noviyanti,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : metode scramble, kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik melalui metode scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa Kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN 111/1 Muara Bulian masih rendah, dengan hasil observasi kemampuan membaca permulaan peserta didik sebesar 31 %. Peserta didik sering merasa Bingung dan cenderung tidak tahu ketika dimintai untuk membaca atau menunjukan beberapa huruf konsonan dan vokal saat pembelajaran berlangsung Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan kemampuan membaca permulaan peserta didik dan observasi guru menerapkan metode scramble, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik terlihat dari hasil observasi pada siklus I keaktifan belajar peserta didik 65%. Meningkat pada siklus II menjadi 98% kategori sangat baik (A). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ,peserta didik kelas I SDN 111/I Muara Bulian dapat meningkat setelah diterapkan Metode Scramble.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode scramble, kesulitan membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Fauzan
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:23
Last Modified: 11 Dec 2023 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58215

Actions (login required)

View Item View Item