PENGARUH PEMAHAMAN METODOLOGI PENELITIAN DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MENYUSUN SKRIPSI PADA JURUSAN PIPS ANGKATAN 2019 UNIVERSUTAS JAMBI

Dearti, Dearti (2023) PENGARUH PEMAHAMAN METODOLOGI PENELITIAN DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MENYUSUN SKRIPSI PADA JURUSAN PIPS ANGKATAN 2019 UNIVERSUTAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (588kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
SKRIPSI A1A119070 DEARTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (236kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Metodologi Penelitian dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Mahasiswa Menyusun Skripsi Pada Jurusan PIPS Angkatan 2019 Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019 Universitas jambi dengan sampel sebanyak 144 orang dan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitaif dengan metode survey. Teknik Pengumpulan data menggunakan google form. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel pemahaman metodologi penelitian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mahasiswa menyusun skripsi, dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,391 > 1,656 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel adversity quotient terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mahasiswa menyusun skripsi, dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,571 > 1,656 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara simultan pemahaman metodologi penelitian dan adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mahasiswa menyusun skripsi dengan nilai uji F, nilai Fhitung > Ftabel yaitu 25,430 > 3,06 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar adalah 0,265 atau 26,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan Pemahaman Metodologi Penelitian dan Adversity Quotient serta kaitannya dengan Kemampuan Mahasiswa Menyusun skripsi mahasiswa, serta diharapkan dapat dijadikan wahana atau literatur dan sebagai motivasi agar dapat memahami dan menguasai mengenai mata kuliah Metodologi Penelitian dan pengaruh Adversity Quotient terhadap Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi mereka.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Metodologi Penelitian, Adversity Quotient, Kemampuan Mahasiswa Menyusun Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dearti
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:34
Last Modified: 04 Dec 2023 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58234

Actions (login required)

View Item View Item