Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Canva Untuk Mendukung Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pembelajaran PPKn Kelas X-1 MAN 1 Muaro Jambi

Hidayanti, Nur (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Canva Untuk Mendukung Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pembelajaran PPKn Kelas X-1 MAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Skripsi Full_NUR HIDAYANTI.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilatar belakangi oleh pentingnya Kemampuan Berfikir Kreatif peserta didik dalam pembelajaran PPKn, maka dilakukan penelitian tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif dalam menggunakan E-Book berbasis Canva materi pembelajaran PPKn kelas X-1 MAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Pengembangan (research and Development) dengan menggunakan model ADDIE . Media Pembelajaran E-Book berbasis Canva yang dilakukan di dalam kelas menggunakan Smartphone masing-masing peserta didik. Penelitian dilakukan di MAN 1 Muaro Jambi. Hasil penelitian disimpulkan pengembangan media pembelajaran E-Book berbasis Canva memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. kriteria valid divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa. Hasil validasi materi dengan persentase 88%, validasi media dengan persentase 95%, dan validasi bahasa dengan persentase 70%. Hasil angket praktisi pendidik dengan nilai 100% dan hasil angket peserta didik dengan nilai 89%. Kriteria efektif dilihat lembar observasi peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil lembar observasi peserta didik 94% dan hasil dari tes hasil belajar yang dilakukan didapat skor setiap peserta didik meningkat dari nilai ujian sebelumnya. Seluruh peserta didik juga mendapat skor diatas dari minimal kategori sedang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Canva, ADDIE (Analysis, Desain, Development,Implementation, Evaluation), E-Book, Kemampuan Berfikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HIDAYANTI
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:03
Last Modified: 06 Dec 2023 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58260

Actions (login required)

View Item View Item